Perusahaan asuransi perlu menggandeng para kreator muda Bali untuk mendorong literasi financial dengan konten-kontennya. Seperti yang dilakukan oleh Prudential, mereka menggelar 'influencer Gatering Bareng Prudential Bali' atau Cuao Bareng Prudential beberapa saat lalu di athe Brass Bali.
Upaya tersebut untuk mengajak semua kreator muda di Bali juga banyak memberikan edukasi atau literasi keuangan. Diketahui Bali memiki ekosistem kreatif yang perkembangannya sangat pesat. Di mana pada tahun 2024 dari 7297 unit usaha ekonomi kreatif naik 59 persen dari tahun sebelumnya (tahun 2023).
Sedangkan indeks inklusi keuangan di Bali sebesar 92,21 persen, tingkat literasimya baru 57,66 persen. Artinya, lebih448 ribu pelaku UMKM, hanya 34 persen yang memanfaatkan digitalisasi pemasaran dan keuangan.
Acara tersebut dihadiri kreator Nyoman David yang hadir berbagi pengalaman di tengah pasar digital yang kompetitif.
Chief Custimer & Marketing Officer Pudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan kreator muda memiliki peran besar dalam menyrbarkan infomrasi terkait literasi financial kepada masyarakat luas.
"Generasi muda adalah motor perubahan. Kami ingin membangun generasi yang lebih cerdas secara finansial. Kreator muda harus dapat menghasilkan konten positif sekaligus memberikan edukasi finansial," katanya di Denpasar, Senin, 24 November 2025.
Untuk diketahui, Program Cuap (Cerita Untuk Akses Perlindungan) bareng Prudential merupakan inisiatif afiliasi dari Prudential Indonesia, kali ini diikuti 113 influencer se-Bali. Siapapun mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga produktif, pekerja muda, hingga kreator digital, untuk memperoleh penghasilan tambahan hanya dengan membagikan konten edukasi keuangan dan informasi produk proteksi.