Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi Ini Jadwal Penerbangan Terdampak di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Gunung Lewatobi Laki-laki erupsi, jadwal penerbangan terdampak di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.--Diajeng Vayantri Dewi/Disway.id
DENPASAR, DISWAYBALI.ID - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada 7 Juli 2025 kembali erupsi.
Erupasi gunung Lewotobi kali ini kembali mempengaruhi penerbangan khususnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ahmad Syaugi Shahab menanggapi peristiwa erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki pihaknya terus melakukan pengamatan terkait pergerajan abu vulkanik hingga pukul 15.30 Wita tidak berdampak pada udara Bali. Ia menyebut penerbangan berjalan normal.
Namun, berdasarkan data yang mereka terima hingga Senin 7 Juli 2025 pukul 15.30 WITA, beberapa maskapai yang melayani penerbangan rute Labuan Bajo, Australia, Singapura, dan Korea Selatan terkonfirmasi mengalami pembatalan (cancel) serta penundaan (delay).
"Terdapat 24 penerbangan yang mengalami pembatalan," kata Ahmad Syaugi di Badung, Senin 7 Juli 2025.
Ahmad Syaugi menjelaskan 24 penerbangan tersebut di antaranya dari Virgin Australia 6 penerbangan rute Melbourne, Gold Coast, dan Sydney, Jetstar Airways 16 penerbangan rute Melbourne, Brisbane, Cairns, Perth, Adelaide, Sydney, Singapura, Airasia Indonesia 2 penervangan rute Labuan Bajo.
"Yang mengalami penundaan terdiri atas Qantas Airways tujuan Sydney dan Melbourne, serta Air Busan tujuan Busan," tutur dia.
Sementara itu, pelayanan kepada calon penumpang yang terdampak dilakukan oleh para maskapai yang terdampak erupdi Gunung Lewotobi Laki-laki.
BACA JUGA:Peristiwa Tenggelamnya KMP Tunu Pratama Jaya, 4 Korban Dinyatakan Meninggal Dunia
Beberapa maskapai telah menyampaikan pembatalan dan mengatur ulang pemberangkatan atau pengajuan refund melalui email, sehingga calon penumpang tidak perlu datang ke bandara.
Pihaknya mengaku, untuk memfasilitasi penumpang yang sudah berada di bandara pihaknya menyediakan helpdesk yang berlokasi di lantai 2 internasional dan area ticketing di terminal domestik untuk melayani proses pengembalian dana (refund), penjadwalan ulang (reschedule), atau pengaturan rute ulang (re-route).
"Kami juga menyediakan air mineral dan beberapa area di bandara yang dapat digunakan untuk beristirahat atau meletakkan barang-barang. Kami akan terus melakukan koordinasi secara aktif dengan seluruh stakeholder terkait memastikan kondisi pelayanan penumpang maupun penerbangan. Kami berharap kondisi dapat segera normal kembali," pungkas dia.
Sumber: